Thursday, September 22, 2016

Wow! Sekarang ada Kopi Tanpa Kafein! Apa itu Kopi Tanpa Kafein?

Apa itu Kopi Tanpa Kafein?

(Sumber: www.google.com)

KOPI dikenal sebagai yang tinggi akan kandungan Kafein tapi beberapa waktu lalu publik dihebohkan dengan produk kopi tanpa kafein yang dikenal dengan kopi 'decaf'. Dikutip dari OkeZone.com, simak berikut penjelasan nya!

Seorang pecinta kopi pasti tidak akan kuat jika sehari saja tidak menyeruput cairan ini. Tapi bagaimana jika si pecinta kopi ini sedang hamil, mengalami gangguan ginjal atau penyakit lainnya yang membatasi konsumsi kopi. Biasanya dokter akan melarang minum kopi atau menyarankan minum kopi tanpa kafein.

Dilansir dari berbagai sumber, kopi tanpa kafein bukan sama sekali tidak mengandung kafein tetapi radar kafein nya jauh lebih sedikit dibanding kopi pada umumnya. Jika pada secangkir kopi biasa mengandung sekira 85 Mili Gram kafein maka kopi tanpa kafein hanya mengandung 3 sampai 15 mg kafein dalam satu cangkir kopi.

Bruce Goldberger, Ph. D(professor dan direktur UF’S William R. Maples Center) mengatakan: "seseorang yang minum 5 sampai 10 cangkir decaf artinya setara dengan minum 1 cangkir kopi biasa. Kesimpulannya, kopi decaf bukan sama sekali kopi tanpa kandungan Kafein".
Kopi decaf bisa menjadi pilihan saat seseorang ingin mengurangi konsumsi kopi. Terapi kopi decaf perlahan-lahan bisa mengurangi kecanduan seseorang pada kopi.

Kopi tanpa Kafein dibuat dengan berbagai teknik, cara yang alami dilakukan dengan merendam biji kopi pada air agar biji kopi menjadi lembut dan kafein nya keluar. Kemudian biji kopi dan air dipanaskan agar kandungan kafeinnya benar-benar keluar namun rasa kopi masih melekat kuat.

Kopi decaf kini banyak dijual di pasaran, untuk mendapatkannya juga tidak sulit. Jika berniat membeli kopi decaf, pilihlah yang bertuliskan "Naturally Decaffeinated" karena ini tanda bahwa kopi decaf diolah dengan cara alami. Namun meski demikian, kopi decaf juga mengandung beberapa senyawa kimia.


EmoticonEmoticon