Thursday, September 22, 2016

Ini 10 negara terbahagia di dunia, Indonesia nomor berapa?

(Sumber: www.google.com)


Tahukah kamu, negara mana yang penduduk nya paling bahagia? Mungkin yang ada di Fikiran mu adalah negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan dan negara-negara Eropa. Namun ternyata Happy Planet Index(HPI)mengatakan sebaliknya.

Data HPI Tahun 2016 menunjukkan kalau negara terbahagia justru Kosta Rika. Indeks yang mengukur tingkat kemampuan masyarakat dalam sebuah negara dalam mencapai hidup yang bahagia, sejahtera, dan berkelanjutan itu memberikan skor total 44,7 untuk Kosta Rika. Perhitungan indeks mempertimbangkan tingkat harapan hidup, kesejahteraan, dan tindakan kepedulian lingkungan yang ditunjukkan masing-masing negara.


Dikutip dari Merdeka.com, Dari 140 negara, HPI tertinggi justru dipegang oleh negara-negara Amerika Latin dan Asia Pasifik. Berikut ini data selengkapnya:

1. Kosta Rika (44,7)
2. Meksiko (40,7)
3. Kolombia (40,7)
4. Vanuatu (40,6)
5. Vietnam (40,3)
6. Panama (39,5)
7. Nikaragua (38,7)
8. Bangladesh (38,4)
9. Thailand (37,3)
10. Ekuador (37)


Kosta Rika menduduki peringkat atas dalam daftar HPI selama bertahun-tahun. Pada tahun 2009 dan 2012, negara ini menduduki peringkat pertama. Meskipun pendapatan per kapita Kosta Rika tergolong rendah. kesejahteraan warga negaranya lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara maju. Jejak ekologis yang ditinggalkan juga jauh lebih kecil. Ini artinya masalah lingkungan di negara ini juga lebih sedikit.

Pendapatan pertama Kosta Rika berasal dari sektor pariwisata, pertanian, dan ekspor. Pemerintah mengalokasikan sebagian besar anggaran belanja negara untuk pendidikan dan kesehatan masyarakatnya.

Lalu ada di peringkat berapa negara kita? Ternyata Indonesia menduduki peringkat 16 dari 140 negara. Kemungkinan hidup di Indonesia mencapai usia 68 tahun, meletakkan negara kita pada peringkat 96 dalam aspek tingkat harapan hidup. Sementara tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia mendapatkan skor 5,4 dari skala 1 sampai 10.


EmoticonEmoticon